Selasa, 21 Juli 2009

reaksi n komentar dunia pemboman di kuningan

Presiden Barack Obama : serangan bom di Jakarta telah menunjukkan secara jelas bahwa kelompok ekstrimis tetap bertekad membunuh pria, wanita dan anak anak dari agama apapun dan di setiap negara. Amerika, akan terus bermitra dengan Indonesia untuk melenyapkan ancaman para ekstimis kekerasan ini dan Amerika tidak akan pernah ragu ragu dalam mendukung keamanan dan kesempatan masa depan bagi rakyat Indonesia.



Hillary Rodham Clinton ( Menteri Luar Negeri AS ) :

Washington, DC
17 Juli, 2009

US Secretary of State Hillary Clinton
Mentri Luar Negeri Amerika Hillary Clinton
Kami ingin menyampaikan rasa simpati kepada para korban dalam serangan tragis ini serta keluarga mereka, dan rakyat serta pemerintah Indonesia. Kami mengutuk tindak kekerasan ini dan siap memberikan bantuan jika pemerintah Indonesia memintanya. Departemen Luar Negeri Amerika Serikat bekerja untuk membantu warga Amerika yang cedera dalam ledakan-ledakan itu.

Serangan-serangan ini mencerminkan kejamnya ekstremis yang memilih cara kekerasan dan mengingatkan kita bahwa ancaman terorisme masih sangat nyata. Tidak ada prioritas yang lebih tinggi daripada mengkonfrontasi ancaman ini bersama negara-negara lain yang sama-sama memiliki komitmen bagi masa depan yang damai dan makmur.


OKI ( Organisasi Konferensi Islam ) : pemboman itu sebagai "serangan teroris mengerikan yang tidak berperi kemanusiaan "

jubir negara kementrian Luar negeri JEPANG Yasuhisa Kawamura : kami mengutuk serangan di Jakarta itu sebagai kekejian dan menjanjikan dukungan bagi perang melawan teror.
Jepang masih berusaha mencari keterangan terkait dengan pengeboman. Jepang merupakan salah satu negara investor terbesar di Indonesia sehingga masalah keamanan akan menjadi isu yang sangat penting untuk mereka. "Kami percaya Indonesia bisa mengendalikan situasi

Robert Gunaratna, pakar terorisme Universitas Nanyang Singapura :
meskipun banyak anggota Jemaah Islamiyah meringkuk dalam penjara, kelompok itu tetap aktif.

"Jemaah Islamiyah tetap memimpin kelompok-kelompok teroris lain di kawasan ini, dan JI masih merupakan ancaman serius."

Carl Ungerer dari Lembaga Kebijakan Strategis Australia :tahap baru terorisme mungkin baru dibuka di Indonesia.

"Banyak anggota muda JI masih radikal. Mereka tidak mau menerima program rehabilitasi yang diberikan kepada mereka di penjara, atau pandangan tradisional JI bahwa kampanye pengeboman harus dihentikan. Mereka tidak terima itu. Mereka condong ke unsur-unsur garis keras. Mereka lebih tertarik untuk melanjutkan perjuangan dengan kekerasan."


Kevin Rudd : "ada serangan teroris terhadap sahabat kita Indonesia adalah berarti juga serangan kepada kita sebagai tetangganya."
"Serangan ini sangat barbar. Kita sedang berhadapan dengan orang-orang yang sangat-sangat jahat dan berbahaya,"
Saya sudah memerintahkan kepada semua badan Pemerintah Australia untuk memberi segala bentuk bantuan yang diperlukan Indonesia untuk menangani masalah ini

Kuasa Usaha Inggris Matthew Rous dalam situs resmi Kedutaan Besar Inggris :"Atas nama Pemerintah Inggris saya menyampaikan belasungkawa yang sedalam-dalamnya kepada seluruh korban dan keluarga mereka. Pemerintah dan masyarakat Inggris mengutuk keras terorisme. Kami siap mendampingi sahabat kami (rakyat Indonesia) di saat sulit seperti ini,"

Duta Besar Mesir untuk Indonesia Ahmed al-Kewaisny:
menyampaikan solidaritas kepada Indonesia dan berharap serangan tersebut tidak sampai mengganggu proses penghitungan suara pemilu presiden yang kini masih dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU).

"Pemerintah Mesir mengutuk keras ledakan di Jakarta yang dilakukan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Ledakan dengan sasaran warga asing tidak hanya terjadi di Indonesia, tapi juga Mesir. Sudah seharusnya dunia internasional sepatutnya bersatu untuk melawan kejahatan transnasional ini"

PM selandia Baru John Key :"Saya melihat ini merupakan serangan yang dirancang untuk membunuh dan melukai orang-orang yang tidak berdosa,"

jurubicara Presiden Gloria Macapagal Arroyo, Gary Olivar: "Kami sangat sedih mendengar berita ini. Ini adalah serangan kedua terhadap Hotel Marriot di Jakarta,"

Juru Bicara Deplu Belanda Christoph Prommersberger:
Kebijakan kami saat ini adalah tetap mengingatkan warga Belanda agar tak mengunjungi tempat-tempat yang banyak warga asing di Indonesia karena serang*an di masa lalu''

Bos Manchester United, klub sepakbola papan atas Inggris, Alex Ferguson : "Kami baru saja mendapatkan berita setelah turun dari pesawat (di Kuala Lumpur), dan kami sangat kaget sekaligus prihatin, karena sebelumnya kami belum pernah berkunjung ke Indonesia,"

sumber : VOAnews, tempointerakrif, dan berbagai sumber laennya... dll.

http://www.kaskus.us/showthread.php?t=2189377

Tidak ada komentar: